Agustus 01, 2009

Melakukan Satu Hal yang Belum Pernah Dilakukan Sebelumnya..

Sebutkan satu hal yang belum pernah berhasil kau lakukan meskipun kau sudah mencobanya berkali - kali !
Mungkin bagimu, pergi ke sekolah , dan selalu masuk dalam setahun adalah hal yang biasa . Atau kau mengikuti kursus piano selama 3 atau 5 tahun , dan tidak pernah sekalipun absent , itu biasa . Namun tidak bagi saya . Dari T.K. sampai Lulus SMA , tidak sekalipun saya masuk sekolah penuh dalam setahun . Entah karena sakit perut , sakit kepala , sakit hati , atau lemah semangat . Kadang saya bisa tidak masuk selama seminggu penuh ! Itu hitungan minimal saya tidak masuk dalam setahun .

Sampai SMP , saya tidak merasa itu suatu hal yang aneh . Saya pikir semua orang sama . Masuk sekolah setahun penuh tanpa izin karena sakit atau bolos karena malas , Itu Mustahil !!! Teman , hari libur kita tidak banyak , ayolah ! Hahaha. Namun ketika saya memasuki SMA , dan jumlah absen saya baru 1 minggu dalam midsemester pertama , seorang teman bertanya kepada saya : "Kamu sakit kanker?" . Saya ingat dia menanyakan pertanyaan itu di jam istirahat ke-2 , ketika di dalam kelas anak - anak lainnya sedang belajar , dan ketika mendengar pertanyaan itu , perhatian mereka langusng teralih kepada pembicaraan kami . Ada yang terang - terangan ingin tau , ada yang hanya memasang telinga . Saya bertanya balik padanya , apakah ada seseorang di dunia ini yang pernah masuk sekolah full dalam setahun , atau setidaknya izin sehari dua hari , tiga hari bolehlah . Dan betapa terkejutnya saya ketika hampir semua orang di ruangan itu mengaku "Tidak Pernah Bolos" atau setidaknya "Tidak Pernah Bolos di Kelas 3SD, 5SD, 1,2,3 SMP" . Dan kenyataan ini menghantam saya .

Saya tidak pernah menjawab pertanyaan teman saya "Apakah kamu sakit Kanker?" . Entah kenapa semenjak hari itu saya merasa bahwa saya orang paling aneh di dunia . Pola pikir saya , kehidupan saya , pokoknya semuanya . Dan saya menjadi tidak seceria dulu lagi mengetahui kenyataan ini (di waktu - waktu berikutnya saya menemukan lebih banyaaaaaak lagi kenyataan hidup yang membuat saya lebih lesu lagi .) . Di saat yang sama , teman - teman saya memperlakukan saya lebih ramah dari sebelumnya . Ketika saya absent untuk hari - hari berikutnya , pasti ada seseorang yang mengirim sms , atau menelfon .
'Kami menantikanmu kembali ke sekolah'

Hal ini terus terngiang dalam otak saya . Hingga kelas 3 SMA dan sudah bersekolah di 4 SMA yang berbeda pun saya selalu mempunyai absen dalam setahun . Ada sedikit rasa menyesal dalam hati saya . Namun saya tahu waktu tidak bisa diulang . Seberapa dalampun kita menyesal , waktu tak akan pernah terulang . Maka itu saya berjanji dalam hati 'jika saya diberikan satu kesempatan lagi saya akan melakukannya tanpa pernah absen seharipun .'
Saya berjanji dengan sepenuh hati , dan kepada seorang teman . "Kalau saya bisa masuk les Bahasa Perancis 7 minggu penuh (1 tingkat intensif untuk A1 lamanya 7 minggu .) , siap - siap saya traktir!"
--------------------------------------------------------------------------------------------------

Senin besok , tanggal 3 AGustus , saya akan menghadapi test Kenaikan Tingkat . 7 minggu sudah saya lalui . Tangerang - Jakarta , 2 jam perjalan pergi , 4 jam lamanya pelajaran , 2 jam perjalanan pulang . Akhirnya dalam hidup , saya bisa melakukan satu hal yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya : Melakukan sesuatu dari awal sampai akhir . 7 minggu bisa saya lalui tanpa absent barang sehari pun . Meski harus datang telat , atau tidak sarapan pagi . Meski harus hanya tidur 2 - 3 jam , meski harus tanpa memakai kaus kaki (lagi??!!) atau baju yang tanpa digosok (lagi?!!) , akhirnya saya bisa menyelesaikan kursus Tingkat A1 Bahasa Perancis saya tanpa absen!! YEahhhh...
Hahahahahahahahaha.... Hahahahahahahahaha...
Mama , anakmu bisa melakukannya . YEahh.... Ahahahahahahahaha Yah, anakmu yang waktu SD kalau males sekolah , sebelum jam 7 selalu bilang sakit mata atau masuk angin namun setelah jam 7 langsung segar bugar ini akhirnya bisa menyelesaikan sesuatu sampai akhir !!
Hahahahahahahahahahahahahahahahahahahah......

Mungkin bagimu ini hal biasa yang sudah kau lakukan dari TK dulu . Namun bagiku ini adalah salah satu hal terbesar yang kusadari BISA kulakukan!! Yeah Aku bisa , Aku pasti bisa , aku takkan berputus asa.. hahahahaha..

YEah sekarang saya boleh tertawa bahagia karena telah berjuang dengan sepenuh tenaga untuk bisa menyelesaikannya sampai akhir !! Perjuanganku , kau akan selalu ku ingat . Papa, terima kasih sudah membangunkan tiap pagi dan menyiapkan sarapan , Tante Ega terima kasih karena (kadang - kadang , kalau sedang mood dan kalau tidak lupa) menyetrika pakaianku , Nenek terima kasih sudah meminjamkanku uang kalau sedang bokek (dan tak pernah kukembalikan),
Terimakasih tukang angkot jurusan Serpong - Kalideres yang selalu ngebut di jalana sehingga saya tiba di terminal tepat pada waktunya , terima kasih supir dan para staff Bus Transjakarta yang sudah memberikan transportasi murah jadi menghemat ongkos saya , terima kasih Mmle. Suffni , Mdm Louisette , Mdm Michelle , Mdm saya-lupa-namanya kalau saya datang telat tapi tidak pernah marah . Hehehehehehe...

Terima kasih Tuhan karena selalu memberikan semangat yang baru tiap pagi buat saya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar