Juli 09, 2009

Ça ne va pas...

Bahasa Perancis adalah bahasa yang kaya akan kosa - kota . Itu yang selalu dikatakan Madamoiselle Sufni kepada kami di La Salle Trois . Karena banyaknya suku kata yang tersedia , kita bahkan bisa mengatakan apa yang hendak kita nyatakan secara tepat dan dapat dimengerti lawan bicara kita . Kami sedang membahas kata kerja "aller" <<>> hari ini . Proffesor pengganti Mmll. Sufni itu menerangkan bahwa kata "aller" memiliki banyak kegunaan . Salah satunya untuk menanyakan kabar .Ça va ! <<>> . Lalu bagaimana bentuk negatif Ça va? Ça ne va pas . I'm not really okay..

Saya selalu mengingat frasa - frasa dan kalimat penting dalam Bahasa perancis yang perlu saya ingat . Entah untuk meminta pertolongan , berterima kasih , menanyakan suatu daerah , atau untuk mengekspresikan diri . Kebanyakan dari kalimat - kalimat itu tertanam betul dalam ingatan saya . Dan ketikasaya bertemu kalimat itu ,  Ça ne va pas, saya seperti sudah mengenal dan mengerti betul kalimat itu jauh sebelum saya belajar bahasa Perancis . 

Saya menulisnya di telapak tangan saya kecil - kecil :  Ça ne va pas

Dalam perjalanan pulang ke rumah , di dalam Bus , saya merenungi kata ini baik - baik . Sambil melihat pemandangan dari balik jendela yang berlalu dengan cepat , saya merenungi kehidupan saya . Apakah sekarang saya sudah baik - baik saja?

Ketika seseorang menyapa saya ,  Ça Va ? Otomatis saya menjawab Ca Va. Tapi apakah benar , saya sudah baik - baik saja ? 

Saya masih ingat bagaimana rasanya tidak punya waktu sama sekali untuk pergi bareng teman sebaya . Berjuang agar hidup saya bisa berlanjut . Jauh ke belakang , saya masih ingat bagaimana rasanya tidak mampu berbuat apa - apa ketika seseorang yang amat saya sayangi mengerang - erang kesakitan . Semua itu rasa - rasanya baru kemarin terjadinya . 

Sekarang , ketika saya tertawa terbahak - bahak hingga perut sakit , di tengah tertawa saya , saya akan teringat masa - masa dimana saya tak mampu tertawa . Ketika saya bisa menikmati pelajaran Bahasa perancis , di tengah - tengah pelajaran , ketika semua orang sibuk mencatat dan yang terdengar hanyalah dengung waktu yang berlalu , saya akan teringat hari dimana saya berpindah - pindah sekolah . Ketika saya menghilangkan handphone saya , saya teringat akan handphone yang pernah dibelikan mama saya dengan uang tabungannya . Apakah saya sudah baik - baik saja ?

Apakah saya sudah baik - baik saja sekarang ,ketika saya bisa mengikuti les Bahasa Perancis ?

Apakah saya sudah baik - baik saja sekarang , ketika saya tidak perlu bekerja untuk melanjutkan kehidupan saya ?

Apakah saya sudah baik - baik saja sekarang , ketika saya akhirnya lulus SMA ?

Ketika hidup saya sudah sedikit lebih tenang. Ketika hidup berjalan sebagaimana mestinya .

Ça ne va pas , mes amis..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar